abqory-sharia-group
Home

BERGERAK BERSAMA, AI DAN KEUANGAN SYARIAH MENSEJAHTERAKAN EKONOMI NEGARA

October, 16 2023 by Abqory Media
img-post

Haloo Sobat Abqory !!!

Summary: 

Teknologi artificial intelegent (AI) dapat menjadi inovasi untuk mensejahterakan ekonomi negara bagi sektor keuangan khususnya keuangan syariah di Indonesia. Penerapan AI tersebut bertujuan untuk mempermudah aktivitas perbankan dan mengurangi biaya operasional pelayanan nasabah. Melalui penerapan AI tersebut diharapkan untuk mendorong  kesejahteraan ekonomi negara. 

Pembahasan:

Sobat Abqory tahu gak nih? Teknologi artificial intelegent (AI)  punya banyak peran penting lho, khususnya di berbagai industri dan sektor keuangan syariah nih. Penerapan teknologi AI di lembaga keuangan seperti Bank Syariah, dapat meningkatkan efisiensi layanan perbankan. Peningkatan efisiensi layanan ini, akan membuat pengeluaran Bank menjadi berkurang. Dengan berkurangnya dana pengeluaran ini, maka dana tersebut dapat dialokasikan untuk keperluan lain. Salah satunya seperti penambahan suku bunga untuk nasabah. 

 

Sebenarnya salah satu konsep diadakanya sebuah Bank itu untuk mensejahterakan masyarakat. Teknologi AI hadir untuk membantu meningkatkan kesejahteraan tersebut. Lalu, kira-kira apa saja sih peran serta teknologi AI dalam sektor keuangan dan perbankan Syariah? Yuk sama-sama lihat perannya apa saja!

 

Misal waktu membeli suatu barang mahal yang di mana harus memerlukan jumlah uang cash yang banyak. Tidak mungkin dong sobat Abqory membawa dan menghitung uang sebanyak itu. Pastinya akan membutuhkan waktu yang lama dan rentan dicuri. Lantas untuk mengatasi permasalahan tersebut, sobat Abqory bisa menggunakan teknologi AI dengan aplikasi mobile banking. Mulai dari transaksi pembelian produk kebutuhan maupun usaha. Hanya dengan memindai QRIS dan bayar.

 

Teknologi AI berperan untuk membaca dan memproses informasi yang terkandung dalam QRIS tersebut melalui sistem Optical Character Recognition (OCR). Selain itu peran penting AI yang lainnya untuk tujuan keamanan atau analisis bisnis adalah memeriksa keaslian transaksi, mendeteksi potensi penipuan, dan menganalisis pola transaksi. 

 

Terima Kasih

Selamat Membaca! 

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Penulis: 

Nathan Ramadhani 

Reviewer & Penanggung Jawab:

Rifqi Abqory Najih, SH. MH, CBLC

 

(Bagi teman-teman yang hendak berkontribusi dalam penulisan artikel dan berita di Abqory Sharia dapat mengisi formular pendaftaran berikut: https://bit.ly/tulisanabqory)

Bagikan:

Artikel Terkait